Tips Membeli Hunian Di Perumahan

Tips Membeli Hunian Di Perumahan – Memiliki Rumah sendiri menjadi impian semua orang dan Sebagai kebutuhan yang utama. Membeli rumah di kompleks perumahan bisa menjadi langkah praktis untuk Anda dalam memilih hunian. Saat memilih rumah pun, janganlah dilakukan dengan sembarangan butuh banyak pertimbangan.

Dalam Membeli hunian di perumahan harus benar benar anda perhatikan demi mendapatkan rumah yang anda idamkan. Tak selalu berbicara tentang harga, namun kondisi bangunan yang bisa bertahan dalam jangka panjang, juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Belakangan ini banyak pengembang perumahan yang menawarkan konsep perumahan, baik yang subsidi ataupun non-subsidi. umumnya hunian di perumahan sudah mencakup beberapa hal yang dicari calon pembeli rumah, di antaranya lokasi strategis, fasilitas memadai, serta akses transportasi yang mudah.

Meski terlihat lebih mudah, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli hunian di perumahan agar Anda menjatuhkan pilihan ke rumah yang tepat.

Tips Membeli Hunian Di Perumahan - pesonabandung.com

Tips Membeli Hunian Di Perumahan

1. Survey Lokasi

Anda bisa melakukan survey secara detail tentang rumah di perumahan yang akan anda beli baik secara langsung dengan datang ke lokasi atau melalui internet. Lakukan beberapa survey lokasi dengan loksi yang berbeda agar anda tidak hanya terpaku pada satu lokasi perumahan saja. Dengan survey lokasi pastinya juga anda tahu kawasan yang berada di perumahan terebut.
Saat ini anda bisa mencari di internet beberapa info lokasi hunian yang menjadi impain anda. Misalnya anda mengingnkan sebuah perumahan di bandung, anda bisa melihat beberapa lokasi hunian di bandung pada halaman mesin pencari.

2. Reputasi Pengembang Perumahan

Sudah bukan hal yang baru dalam transaksi jual-beli membutuhkan rasa saling percaya, apalagi rumah yang melibatkan uang tidak sedikit. Maka dari itu penting untuk memilih developer/pengembang yang terpercaya. Setidaknya, lihat track record si pengembang dengan berbagai contoh kawasan yang sudah dibangunnya. Apakah menyuguhkan lingkungan yang sesuai dengan keinginan Anda atau tidak.

3. Tema Proyek Rumah

Cara memilih rumah yang selanjutnya adalah dengan melihat tema proyek pada perumahan tersebut. Sekarang banyak pengembang yan telah menentukan tema pada proyek perumahannya. Hal ini bisa anda lakukan saat surve pada lokasi perumahan.
Dengan melihat tema perumahan anda bisa melihat lingkungan disekitar perumahan itu. Misalnya perumahan minimalis modern di bandung.

4. Kunjungi kantor pemasaran

Kunjungi kantor pemasaran dan minta informasi lebih lanjut mengenai rumah yang akan Anda beli. Setelahnya minta bagian pemasaran untuk mengantarkan Anda ke calon rumah. Jika memungkinkan saat di lapangan, lakukan ‘investigasi’ langsung, misalnya berbincang dengan tetangga sekitar atau penjaga keamanan kompleks untuk mengorek informasi yang Anda butuhkan.

5. Bandingkan harga dan fasilitas

Sebelum membeli, pastikan Anda mengecek harga rumah. Umumnya harga rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya Akta Jual Beli (AJB), dan biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Selain itu, jangan lupa untuk mengecek fasilitas yang ada di kompleks perumahan.

Apakah cukup sebanding dengan harga yang Anda keluarkan. Umumnya sebuah kompleks perumahan menyediakan taman bermain anak, fasilitas ibadah, dan memiliki kawasan pertokoan sendiri.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *